Electronic Sports atau yang biasa kita sebut dengan E-Sport adalah istilah untuk sebuah kompetisi dalam video game, sama seperti olahraga pada umumnya, E-Sport juga memiliki kompetisi yang sangat bergengsi. Di Indonesia sendiri, E-Sport sudah memiliki kancah yang sangat besar dengan banyak penggemar dari berbagai kalangan, apalagi sudah didukung penuh oleh pemerintah Indonesia.

 

Seperti yang kita ketahui, 10 cabang E-Sport yang mengikuti Sea Games 2021 di Vietnam kemarin, Indonesia berhasil membawa kembali beberapa medali dari cabang ini.

    • Free Fire: emas dan perak
    • PUBGM: emas dan perak
    • Baku tembak: Perunggu
    • Mobile Legends: Uang

Dari beberapa prestasi yang diraih Indonesia kemarin di Maritime Games 2021 di Vietnam, bisa kita simpulkan bahwa esports Indonesia berkembang pesat dari berbagai genre. Di Indonesia, beberapa penyelenggara telah menyelenggarakan kompetisi yang sangat bergengsi untuk menyambut para pemain slot gacor. Untuk kompetisi bergengsi di Indonesia, seperti MPL untuk Mobile Legends, VCT untuk Valorant, PMPL untuk PUBGM dan masih banyak lainnya, hadiahnya tidak sedikit dan bisa mencapai miliaran. Alhasil, banyak tim E-Sport berlomba-lomba mempersiapkan timnya untuk turnamen bergengsi ini.

 

Saat ini banyak perwakilan Indonesia yang berjuang di kancah internasional untuk mengharumkan nama bangsa. Seperti RRQ Hoshi yang berjuang di MSC 2022, 3 repetisi tim Indonesia berjuang di Valorant Champions Tour APAC, BOOM Esport di Dota Pro Circuit SEA.

 

Dengan kemudahan yang diberikan masing-masing developer, siapapun bisa menjadi pemain profesional, apalagi di Indonesia banyak liga yang menyambut pemain untuk terus berkembang. Ada kompetisi untuk amatir, terserah masing-masing individu untuk meningkatkan keterampilan permainan mereka dan menjadi yang terbaik